Monday, June 6, 2016

3 game bernuansa Islam

Sempat menjadi hal yang tabu untuk dimasukkan ke dalam game. banyak developer gamedunia mulai melirik bagaimana budaya Islam memiliki daya tarik yang unik dan misterius.
Buktinya, tiga game populer di bawah ini secara gamblang memasukkan elemen Islami, baik ke dalam cerita hingga sampai latar belakang sang protagonis.
Penasaran game apa saja yang memiliki elemen Islami? Sambil menunggu buka puasa di bulan Ramadan, tidak ada salahnya untuk memainkan game berikut ini. 

1. Assassin’s Creed

Saat diluncurkan pada 2007, gim buatan Ubisoft Montreal ini tampil dengan plot cerita yang cukup kontroversial dan multikultural dengan indah, sehingga tidak menyinggung pihak-pihak tertentu.
Buktinya, di dalam gim ini ada karakter utama yang bernama Altaïr Ibn La’Ahad. Lahir ke dalam keluarga Assassin, Altair merupakan buah hati dari dua orangtua yang berbeda keyakinan (ibu seorang Kristiani dan ayah seorang Muslim).

Tidak hanya menginspirasi sang protagonis, kisah kelompok Assassin (Ḥashshāshīn) yang muncul di dalam gim kabarnya terinspirasi oleh kelompok yang muncul di Persia dan Syria pada abad 11 yang dipimpin oleh Hassan-i Sabbah.

2. Prince of Persia



Selain Assassin's Creed, gim lainnya yang memilik pengaruh Islami adalah Prince of Persia. Tampil sebagai salah satu karakter pertama dengan nuansa Timur Tengah.

Dirilis pertama kali untuk Apple II di 1989, awalnya karakter protagonis dalam Prince of Persia ini tampil dengan rambut pirang.

Akan tetapi, seiring dengan dikembangkannya kembali gim ini, paras Prince pun semakin khas Timur Tengah.

3. Journey



Journey mungkin adalah salah satu gim yang mempresentasikan elemen Islami dengan luar biasa indah dan menarik. 

Dirilis pada 2012 oleh studio gim indi untuk konsol PlayStation 3, Journey mengisahkan bagaimana sosok figur yang berpakaian layaknya suku Badui (Badawi) yang terkenal sebagai suku pengembara di Jazirah Arab.

Seperti penggambaran suku Badawi, dalam gim ini Anda harus mengembara di gurun pasir sekaligus bertemu dengan berbagai player lainnya di dalam perjalanan.

No comments:

Post a Comment